Roadshow Saham Garuda

Pertemuan dilakukan sejak siang dan hingga kini masih terus berlangsung. Manajemen BUMN Aviasi ini diwakili oleh Direktur Utama Garuda, Emirsyah Satar, dan Direktur Keuangan, Elisa Lumbantoruan.

Pertemuan dengan investor strategis asal Singapura, dalam rangka bookbuilding ini, rencananya berlanjut hingga hari Jumat (14/1/2010), besok. Menurut jadwal, jumlah investor strategis yang mengadakan pertemuan besok, lebih banyak. Namun manajemen belum memastikan seberapa antusias investor pada saham perdana Garuda ini.

Usai roadshow di Singapura, rencananya Garuda kembali ‘terbang’ untuk menawarkan saham ke Hongkong pada tanggal 16-18 Januari 2010. Kemudian dilanjutkan London, Inggris, serta New York, dan Boston, AS.

Total saham Garuda yang ditawarkan kepada publik adalah berjumlah 9.362.429.500 lembar. Dimana, sebanyak 7.426.691.500 saham baru merupakan saham seri B dan dikeluarkan dari portepel perseroan, dengan nilai nominal Rp 500. Sisanya, 1.935.738.000 lembar diambil dari saham seri B dan pada saat listing menjadi milik Bank Mandiri.

Jumlah saham yang ditawarkan setara dengan 36,48% dari total modal ditempatkan dan disetor, dengan target dana berkisar Rp 4-5 triliun.  Bertindak sebagai penjamin emisi adalah PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Bahana Securities.

Menteri BUMN, Mustafa Abubakar sebelumnya menekankan bahwa saham baru Garuda yang ditawarkan kepada publik akan diprioritaskan kepada investor domestik, dengan porsi 70-80%. Ini berarti, investor lokal dimungkinkan memiliki saham maksimal 5,94 miliar lembar. Sisanya diperebutkan strategic investor asing, atau hanya 1,485 miliar lembar.

Siapakah investor asing yang mendapatkan 20-30% saham baru Garuda? Apa dari Singapura, Hongkong, London, New York atau Boston? Itu semua bisa terjawab saat penawaran umum dilakukan pada 7 Februari mendatang. Sementara, niat maskapai pelat merah itu melantai di bursa akan dilaksanakan pada 11 Februari 2011.

Sumber: detikcom

Posted on January 13, 2011, in Pasar Saham and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: