Mubarak mundur, Bursa Amerika Sumringah

Bursa Amerika Serikat menyambut gembira kabar pengunduran diri Presiden Mesir, Hosni Mubarak. Buktinya, bursa Amerika yang di awal perdagangan melorot akhirnya ditutup berbalik menguat pada saat terdengar berita Mubarak mundur.

Indeks Dow Jones ditutup menguat 43,97 poin atau 0,4% menjadi 12.273,26 pada saat penutupan. Ini merupakan level tertinggi sejak Juni 2008 lalu. Selama sepekan ini, otot Dow telah menguat sebesar 1,5%.

Padahal, Dow sempat terperosok ketika awal perdagangan. Dow sempat tergelincir sebesar hampir 50 poin.


Begitu juga indeks Standard & Poor’s 500. Indeks Standard & Poor’s menanjak 7,28 poin atau 0,6% menjadi 1.329,15. Indeks ini naik 1,4% selama sepekan.

Sedangkan indeks Nasdaq Composite, menguat 18,99 poin atau 0,7% menjadi 2.809,44. Indeks saham-saham perusahaan teknologi ini sudah menguat 1,4% selama seminggu.

“Pelaku pasar merasa lega dengan berakhirnya kerusuhan di Mesir yang ditandai dengan pengunduran diri Mubarak,” kata Peter Cardillo, Kepala Ekonom Avalon Partners.

Mubarak memutuskan mundur, kemarin. Presiden yang telah berkuasa selama 32 tahun ini menyerahkan kekuasan kepada militer. Keputusan Mubarak ini dibuat setelah aksi demonstrasi besar-besaran yang telah berlangsung selama 18 hari.

Selain berita pengunduran diri Mubarak, pasar juga mendapat doping dari data ekonomi Amerika Serikat. Indeks Kepercayaan Konsumen yang dilakukan Universitas Michigan diperkirakan naik ke level 75,1 pada Februari ini dari 74,2 pada Januari lalu.

Neraca perdagangan Amerika Serikat juga membesar menjadi US$ 40,6 miliar pada Desember lalu. Ini sejalan dengan hasil survei yang dilakukan Bloomberg. Membengkaknya neraca perdagangan ini karena ongkos mengimpor minyak.

Sumber : kontan.co.id

Posted on February 12, 2011, in Pasar Saham and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: