Harga Minyak Mentah Turun Ke $102,7

Harga minyak mentah dunia pada perdagangan Kamis (10/3) jatuh karena pasar khawatir tentang utang zona euro setelah penurunan peringkat Spanyol dan angka perdagangan dari AS dan China.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman April, menjadi US$102,70 per barel atau turun US$1,68 dari penutupan kemarin. Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman April turun 51 sen menjadi US$115,43 per barel, seperti dikutip dari finance.yahoo.com.


Kekhawatiran tentang potensi melemahnya permintaan minyak melebihi kekhawatiran pasar tentang berkecamuknya pertempuran di penghasil minyak Libya antara pasukan yang setia kepada pemimpin Moamer Gadhafi dan para demonstran.

Matt Smith dari Summit Energy mengatakan, pasar mengalihkan fokus dari kerusuhan di dunia Arab hanya karena penurunan peringkat Spanyol, oleh Moody`s. Lembaga pemeringkat Moody`s memangkas peringkat utang negara Spanyol. Akibatnya memicu kekhawatiran terhadap krisis utang zona euro menyebar dari Yunani dan Irlandia ke salah satu ekonomi terbesar dalam blok 17-negara.

Selain itu laporan neraca perdagangan dari dua negara dengan ekonomi terbesar dunia juga memperlemah sentimen pasar. Defisit perdagangan AS naik menjadi ke tertinggi tujuh bulan pada Januari, karena impor dari China melonjak dan harga minyak naik, sebuah kenaikan luar biasa dalam ekspor.

China mencatat defisit perdagangan yang tak terduga untuk Februari. Ini adalah penurunan pertama dalam hampir satu tahun. Sebab ekspor melambat secara dramatis dan meningkatkan kekhawatiran terhadap penopang utama pertumbuhan ekonomi global ternyata mengecewakan juga.

Sumber : INILAH.COM

Posted on March 11, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: