Bursa Tokyo Anjlok 5% Pagi Ini

Bursa Asia kembali melemah pagi ini mengikuti bursa Tokyo yang anjlok lebih dari 5 persen mengawali perdagangan pekan ini.

Para investor masih bereaksi negatif terhadap dampak yang ditimbulkan oleh gempa dan Tsunami di Jepang yang membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.


Indeks Nikkei 225 terpangkas 597,71 poin (5,83 persen) ke level 9.656,72 pada pukul 7:45 WIB karena para pemodal beralih ke aset yang dianggap lebih aman setelah Jepang dilanda gempa 9 Skala Richter Jumat (11/3) lalu akan berdampak dalam jangka waktu yang lama karena adanya bencana nuklir.

Sentimen investor memburuk pada hari Minggu kemarin setelah tersiar berita bahwa pemerintah Jepang berupaya mencegah meluasnya kebocoran di dua reaktor nuklir yang bisa menimbulkan bencana dan radiasi. Ada resiko ledakan di Tokyo Electronic Power Fukushima Daiichi (TEPCO), 240 km utara Tokyo, setelah atap bangunan reactor tersebut meledak satu hari sebelumnya.

Saham TEPCO tidak diperdagangkan karena tingginya order jual yang mencapai 200 kali jumlah tawaran. Para pemegang sahamnya rela melepas di harga 2.071 yen per saham, atau 2,4 persen lebih rendah dari harga penutupan Jumat lalu.

Para investor menilai bahwa untuk kembali menguat bursa akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan setelah gempa Kobe yang terjadi pada tahun 1995. Indeks Nikkei waktu itu turun 8 persen dalam 5 hari pertama setelah gempa. Namun, naik 5 persen setelah 10 hari kedepan. Ini menunjukkan bahwa gempa tidak akan menggelincirkan perekonominan Jepang secara keseluruhan.

Bursa Australia pagi ini juga merosot 0,84 persen, bursa Singapura turun 0,37 persen, bursa Seoul terkoreksi 0,22 persen, serta bursa Malaysia juga susut 0,93 persen.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

Posted on March 14, 2011, in Pasar Saham. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: