Harga Minyak RI Melambung ke US$ 123

Sepanjang April lalu, harga minyak rata-rata Indonesia (ICP/Indonesia Crude Price) melonjak US$ 10,29/barel menjadi US$ 123,36 per barel. Ini akibat terjadinya krisis di Timur Tengah.

Harga minyak ini sudah jauh di atas perhitungan dalam APBN 2011 yang hanya US$ 80 per barel. Dikhawatirkan akan ada pembengkakan subsidi BBM di tahun ini.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM yang dikutip, Selasa (3/5/2011), kenaikan harga minyak mentah Indonesia ini sejalan dengan perkembangan harga minyak mentah utama di pasar internasional yang diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu ketegangan politik yang berkepanjangan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara.


Khususnya perang di Libya dan kerusuhan terkait pemilihan presiden di Nigeria serta ketegangan yang terjadi di Yaman, Bahrain, Syria, dan Sudan. Hal ini menimbulkan kekhawatiran pasar atas stabilitas pasokan minyak mentah dari kawasan tersebut.

Selain itu, anggota OPEC dinilai belum sepenuhnya dapat mengganti hilangnya pasokan minyak mentah dari Libya, yang diindikasikan dari turunnya produksi OPEC hingga 1 juta barel per hari pada Maret dibanding Februari 2011. Serta melemahnya nilai tukar dolar AS terhadap mata uang internasional lainnya akibat keputusan Federal Reserve AS untuk mempertahankan kebijakan tingkat suku bunga yang rendah.

Tim dari Ditjen Migas mengatakan, faktor lain yang membuat harga minyak melambung adalah menurunnya stok minyak komersial AS. Berdasarkan data minggu terakhir Energy Information Administration (EIA) AS, dibandingkan data awal April 2011, stok gasoline turun 11,1 juta barel dan stok distillate fuel turun 7 juta barel.

International Energy Agency (IEA) dalam laporan di April 2011 memperkirakan tingkat konsumsi minyak dunia pada 2011 mencapai 89,4 juta barel per hari atau meningkat 1,5 juta barel per hari dibandingkan 2010. Pertumbuhan permintaan ditopang oleh konsumsi negara-negara Non OECD Asia, khususnya China.

Energy Information Administration (EIA) AS dalam laporan bulan April 2011 memperkirakan tingkat konsumsi dunia tahun 2011 mencapai 88,2 juta barel per hari atau meningkat 1,5 juta barel per hari dibandingkan tahun 2010. Pertumbuhan permintaan ditopang oleh konsumsi negara-negara Non OECD terutama China, Brazil, dan Timur Tengah.

OPEC dalam laporan April 2011 memperkirakan tingkat konsumsi minyak dunia di 2011 mencapai 87,9 juta barel per hari atau meningkat 1,4 juta barel per hari dibandingkan 2010 yang ditopang oleh tingginya permintaan produk minyak pada kuartal I-2011 di saat musim dingin serta pertumbuhan permintaan minyak dari negara Non OECD Asia khususnya permintaan minyak India yang diperkirakan naik hingga 3,5% di 2011.

Untuk kawasan Asia Pasifik, peningkatan harga disebabkan masih tingginya permintaan minyak China dengan proyeksi pertumbuhan 0,9 juta barel per hari serta tingginya pertumbuhan ekonomi India yang mendorong peningkatan permintaan jet fuel dan kerosene. Selain itu, pasca gempa dan tsunami, permintaan Jepang terhadap minyak mentah terutama direct burning, mengalami peningkatan untuk memenuhi kebutuhan akan listrik dan upaya rekonstruksi.

Selengkapnya perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada april 2011, dibandingkan Maret 2011 sebagai berikut:

WTI (Nymex) naik sebesar US$ 7,06 per barel dari US$ 102,98 per barel menjadi US$ 110,04 per barel.

Brent (ICE) naik sebesar US$ 8,42 per barel dari US$ 114,67 per barel menjadi US$ 123,09 per barel.

Tapis (Platts) naik sebesar US$ 9,79 per barel dari US$ 120,50 per barel menjadi US$ 130,29 per barel.

Basket OPEC naik sebesar US$ 8,06 per barel dari US$ 109,84 per barel menjadi US$ 117,90 per barel.

Sumber: detikcom

Posted on May 3, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: