Perdana Menteri Yunani Lolos Dari Mosi Tidak Percaya

Perdana Menteri Yunani George Papandreou selamat dari ancaman mosi tidak percaya. Kemenangan itu sekaligus memuluskan langkah-langkah penghematan pemerintahan demi mengamankan bantuan keuangan dari dunia internasional untuk negara tersebut.

Juru bicara parlemen, Filippos Petsalnikos, mengatakan dari 300 anggota, 155 mendukung Papandreou, 143 lainnya menentang, 2 lainnya abstain.
Papandreou merombak susunan kabinet setelah terjadi unjuk rasa dari kubu partai sosialis PASOK, pekan lalu. Setelah pemungutan suara, polisi menggunakan gas air mata dan granat kejut untuk membubarkan ribuan warga yang memprotes pemotongan anggaran yang direncanakan.

“Jika kita menyerah di tengah jalan, sejarah akan menghakimi kita dengan keras,” kata Papandreou saat ia mengakhiri perdebatan di legislatif, Rabu dini hari,  22 Juni 2011. “Kesan kelas politik di negara ini adalah bahwa ia tidak memahami keseriusan krisis.”

Dengan dukungan ini, perhatian sekarang beralih ke upaya Papandreou mendapatkan persetujuan dari parlemen tentang pemotongan anggaran sebesar 78 miliar euro (US$ 112 miliar) untuk mencegah default.

Para menteri keuangan Eropa sepakat menunda pengucuran utang sebesar 12 miliar euro (sekitar US$ 17 miliar) kepada Yunani. Kebijakan itu diambil setelah perdebatan panjang selama tujuh jam di Luksemburg kemarin.

Para menteri keuangan berkukuh pencairan utang bergantung pada reformasi fiskal dan penjualan aset. Yunani diminta berhemat dan memotong pengeluaran. “Kami perlu kepastian bahwa Pemerintah Yunani akan menyetujui dan mendukung program ini. Keputusan akan diambil pada awal Juli,” kata Menteri Keuangan Belgia Didier Reynders.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF.COM

Posted on June 22, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: