Emas Ditutup Naik Dua Pekan Tertinggi

Emas berjangka ditutup pada tingkat tertinggi dalam dua pekan, Kamis (7/7) dinihari tadi, dengan masalah utang global mengangkat harga komoditas hampir US$ 47 per ounce.

Emas untuk pengiriman Agustus ditutup naik US$ 16,50, atau 1,1%, ke level US$ 1.529,20 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.Kontrak, yang di awal sesi sempat menyentuh level US$ 1.534,50, menandai penutupan tertinggi sejak 22 Juni.


Harga melonjak lebih dari US$ 30 per ounce dalam perdagangan reguler sebelumnya, didukung pembelian safe heaven. Hal ini karena isu utang Eropa muncul kembali atas sebuah keprihatinan bagi investor.

“Masalah utang yang terus-menerus di Eropa dan Amerika Serikat merupakan pendongkrak emas pekan ini,” kata Peter Grant, analis logam senior USAGold-Centennial Precious Metal Inc.

Moody Investors Service menurunkan peringkat kredit Portugal ke status junk. Sehari sebelumnya, pemeringkat Standard & Poor mensinyalkan bahwa rencana roll ever utang Yunani akan menimbulkan default selektif.

Sentimen lain yang mengangkat emas adalah utang pemerintah di China, kata Grant: “Investor khawatir jika China ternyata ingin mengatasi masalah utang mereka, mungkin bisa mengorbankan Eropa dan Amerika.”

Bank Rakyat China mengangkat pinjaman dan suku bunga deposito 0,25%, menandai penyesuaian ketiga tahun ini.

Bagaimanapun, fokus tetap pada masalah utang Eropa dan AS. “Sinyal kekuatan emas saat ini sangat serius di kedua sisi Atlantik,” kata Adrian Ash, kepala penelitian di BullionVault.com, layanan online untuk perdagangan dan kepemilikan emas.

Ia menunjukkan bahwa penguatan emas biasanya terjadi pada liburan Juli hingga September, berkat permintaan India dan ‘aksi jual Mei’ di semua transaksi keuangan.

“Tapi kalau utang Yunani, Portugal dan AS tidak memungkinkan adanya kenaikan, harga emas bisa langsung ke gelombang musim gugur yang sangat khas,” kata Ash. “Permintaan meriah India akan kembali, berlanjut dengan pembelian emas besar untuk Tahun Baru China pada Januari / Februari.”

Untuk saat ini, utang zona euro dan AS tampaknya mendominasi pandangan pedagang dalam beberapa hari mendatang. Namun, pemain juga akan mencermati data pekerjaan AS pekan ini, dan pertemuan Bank Sentral Eropa dan Bank of Inggris, kata James Moore, analis di TheBullionDesk.com.

Pengajuan tunjangan pengangguran mingguan akan dirilis Departemen Tenaga Kerja, diikuti angka pada pengangguran AS dan pertumbuhan nonfarm payrolls untuk Juni pada Jumat waktu setempat.

Sementara perak September rally 51 sen menjadi US$ 35,92 per ounce, tembaga September melemah 0,5% menjadi US$ 4,33 per pon. Paladium September ditutup di US$ 769,15 per ounce, turun US$ 4,05, sementara platinum Oktober 0,14% turun US$ 2,20 menjadi US$ 1.731,20 per ounce.

Sumber : INILAH.COM

Posted on July 7, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: