S & P Pangkas Kredit Utang Spanyol, Outlook Negatif

Standard & Poor’s memangkas kredit utang Spanyol sebanyak satu level. Itu artinya, S&P memangkas rating utang Spanyol dari sebelumnya AA menjadi AA-. Adapun outlook dari peringkat ini adalah negatif.

S&P memberikan alasan, penyusutan aset-aset perbankan nasional Spanyol dan prospek pertumbuhan ekonomi yang rendah akan terus mendongkrak angka pengangguran di negara itu. Menurut S&P, tingkat pengangguran Spanyol di posisi 21% akan menggerus tingkat konsumsi masyarakat.

“Di luar adanya sejumlah sinyal kemunduran performa ekonomi di 2011, kami melihat adanya sejumlah risiko atas prospek pertumbuhan ekonomi Spanyol. Profil finansial sistem perbankan Spanyol akan terus melemah. Sementara, masalah penurunan aset di pasar saham juga terus meningkat,” jelas S&P dalam pernyataannya.

Saat ini, Spanyol harus membayar tingkat yield lebih dari 5% atas obligasi berjangkawaktu 10 tahun. Kondisi itu masih terjadi meskipun Bank Sentral Eropa sudah masuk ke pasar obligasinya pada 8 Agustus lalu. Kemarin, perbedaan (gap) antara suku bunga pinjaman berjangkawaktu 10 tahun Spanyol dan Jerman mencapai 310 basis poin. Sebagai perbandingan, pada 30 September lalu, gap-nya masih berada di posisi 325 basis poin.

Asal tahu saja, S&P sudah tiga kali menurunkan peringkat utang Spanyol sejak peringkat utang negara itu dipangkas dari level AAA di 2009.

Sumber : KONTAN.CO.ID

Posted on October 14, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: