Rupiah Selasa Siang Dekati Rp. 8.900 / Dolar

JAKARTA- Nilai tukar rupiah Selasa siang (1/11) turun mendekati angka Rp8.900 per dolar karena intervensi Jepang untuk menekan yen mendorong dolar AS menguat terhadap semua mata uang utama Asia, termasuk rupiah.

Rupiah di pasar spot antarbank Jakarta, turun 40 poin menjadi Rp8.893 per dolar dari sebelumnya Rp8.850.

Analis PT First Asia Capital, Ifan Kurniawan di Jakarta, Selasa mengatakan, pemerintah Jepang khawatir dengan kenaikan yen yang berlanjut terhadap dolar AS, maka produknya di pasar ekspor tidak akan dapat bersaing.

Karena itu Jepang melakukan intervensi pasar agar kenaikan yen tidak berlanjut, katanya.

Ifan Kurniawan mengatakan, rupiah yang terpuruk dalam dua hari ini juga tertekan oleh sentimen negatif dari krisis utang Eropa yang masih belum pasti.

Krisis utang Eropa masih belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat, karena adanya referendum Yunani yang mengakibatkan muncul masalah baru, katanya.

Menurut dia, apabila krisis utang tersebut masih belum dapat dituntaskan, maka pelaku asing akan kembali melepas rupiah yang akan mendorong mendekati angka Rp9.000 per dolar.

“Kami optimis rupiah akan dapat mencapai Rp9.000 per dolar, karena sentimen negatif dari pasar eksternal cukup kuat,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia masih ada harapan bahwa arus modal asing yang akan masuk makin kuat ke pasar domestik, karena mereka juga mencari pasar yang memberikan keuntungan lebih besar.

Pasar yang akan dijadikan investasi terutama di kawasa Asia seperti Indonesia yang masih memberikan imbal hasil yang cukup besar, katanya.

Menurut dia, peluang rupiah untuk kembali mendekati angka Rp8.600 per dolar AS masih ada, asalkan krisis utang Eropa mereda dan data ekonomi AS makin baik.

Krisis utang Eropa diharapkan akan dapat diselesaikan oleh Uni Eropa, apalagi China bersedia memberikan suntikan dengan membeli obligasi Eropa, katanya.

Sumber : investordaily

Posted on November 1, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: