Inilah Alasan Krisis Lebih Buruk Dari 2008

Kondisi krisis global saat ini yang dipicu krisis utang Eropa dinilai lebih buruk dari kondisi krisis 2008.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Destry Damayanti di Jakarta, Rabu (7/12). “Krisis global akan lebih dalam dari 2008,” ujarnya.
Menurutnya, kondisi krisis saat ini dipicu oleh hal-hal yang jauh berbeda dengan krisis 2008 dimana krisis bermula dari lebih satu negara di Eropa. Sementara pada 2008, hanya disebabkan kredit macet dari pembiayaan rumah atau subprime mortgage di AS.
“Karena dari 2008 bottom up mortgage, penyebabnya single country yaitu AS. Sehingga penanganannya lebih mudah. Walau recovery-nya hingga kini berjalan lamban,” tuturnya.
“Di euro zone penyebabnya top down. Disebabkan utang pemerintah di zona itu besar dan tidak disiplinnya mereka dalam menjalankan kewajiban. Krisis saat ini, negara yang terlibat multy countries,” tambahnya.
Bila di AS menggunakan solusi injeksi likuiditas melalui program quantitave easing. Namun solusi yang sama tidak bisa dilakukan di Eropa serta memilik potensi menjalar ke negara dengan perekonomian terkuat di Eropa seperti Jerman dan Perancis.
“Penanganannya akan lebih sulit lagi. Karena euro zone juga harus memulihkan kepercayaan pasar, mendorong pertumbuhan ekonomi dan pekerjaan,” jelasnya.
Kendati demikian, ia mengatakan, kondisi fundamental perekonomian Indonesia masih cukup kuat untuk menghadapi krisis saat ini terutama bila pemerintah dapat menjaga pertumbuhan perekonomian domestik.

“Berdasar pengalaman lalu, Indonesia mempunyai daya tahan ekonomi yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain dalam menghadapi krisis 2008,” tegasnya.

Sumber : inilah.com

Posted on December 7, 2011, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: