Saham-Saham Yang Diuntungkan Konversi BBM

Pemerintah akan menggalakkan konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas pada kendaraan roda empat. Langkah ini sebagai upaya pemerintah menekan konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi agar tak meleset dari kuota Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012.

Kepala Riset MNC Securities Edwin Sebayang mengatakan, konversi itu akan berpengaruh positif bagi emiten yang bergerak di sektor gas, terutama bagi emiten yang mempunyai infrastruktur pendukung yang baik.

“Tapi tidak bisa disamaratakan bagi semua emiten gas, tergantung pada infrastruktur yang dimiliki,” kata Edwin, ketika dihubungi VIVAnews.com, Senin, 9 Januari 2012.

Memang, Edwin mengatakan, untuk jangka pendek saat ini secara umum tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja saham energi. Karena proses konversi akan dilakukan secara bertahap sehingga dampaknya pun akan bertahap. Dia mengatakan, justru yang akan terpengaruh itu saham-saham distributor BBM, misalnya PT AKR Corporindo Tbk (AKRA). “AKR itu bergerak di bidang distribusi termasuk BBM dan bahan bakar non-subsidi,” katanya.

Konversi ke gas itu, lanjut Edwin, nantinya juga akan diterapkan ke seluruh Indonesia meskipun memang masih diberlakukan di beberapa wilayah terlebih dahulu. Untuk itu, kalau pun akan terpengaruh, maka akan butuh waktu yang cukup lama. “Perlu disiapkan infrastruktur untuk proses konversi ini,” katanya.

Karena itu, justru yang diuntungkan dari kebijakan ini PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang sudah mempunyai infrastruktur gas yang baik. Apalagi PGN juga pelan-pelan akan masuk ke ritel dan mulai diversifikasi produk.

Edwin menjelaskan, bahwa harga gas itu sangat murah dan jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan bahan bakar lain. Untuk itu, dia yakin konversi ini akan berpengaruh positif bagi emiten gas dan dia yakin akan prospektif.

“PGN itu infrastrukturnya bagus, bisa berpengaruh positif, tapi kalau bagi perusahaan lain yang infrastrukturnya belum bagus itu pengaruhnya masih akan lama,” kata dia. (umi)

Meski akan perpengaruh lama, Edwin optimistis saham-saham itu akan berkembang, sebab gas adalah sumberdaya alam yang masih banyak dimiliki. “Pasti dapat menguntungkan,” katanya.

Sumber : VIVANEWS.COM

Posted on January 9, 2012, in Pasar Saham and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: