Komentar Bernanke Hancurkan Emas

Emas berjangka anjlok lebih dari US$77 per ons, Rabu (29/2), dan mencatat penurunan hingga 1,7% selama Februari. Apa pemicunya?

Ternyata rontoknya harga emas ini gara-gara pernyataan Chairman Federal Reserve Ben Bernanke yang tidak mengindikasikan rencana penerapan paket stimulus berikutnya (quantitative easing/QE), sehingga mendongkrak dolar AS dan memberikan tekanan pada komoditas yang berdenominasi dolar, termasuk emas.

Emas untuk pengiriman April ditutup di level US$1.711,30 per ons, merosot US$77,10, atau 4,3%, di Comex, divisi dari New York Mercantile Exchange setelah sempat anjlok hingga level US$1.704,50.

Itu merupakan level penutupan terendah bagi emas sejak 25 Januari dan persentase penurunan terbesar dalam satu hari perdagangan sejak medio Desember lalu.

Namun, harga emas ini masih menguat selama tahun ini sebesar 9,2%.

“Emas kini berada di rata-rata perdagangan 200 hari (moving average 200) dan sangat mengejutkan melihat pergerakannya, tapi ini menunjukkan betapa pasar emas dan perak cukup sibuk saat ini,” kata Tom Essaye, editor dari 7:00’s Report.

Sementara harga perak untuk pengiriman Mei turun US$2,56, atau 6,9%, menjadi US$34,64 per ons.

Sumber : IMQ21.COM

About Citta

Best, Fast And Secure WordPress Hosting Plans https://www.wordpresshostplans.com/

Posted on March 1, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a comment