Investasi Emas Tidak Sulit

Emas dipandang sebagai salah satu alternatif investasi yang paling aman dan terjaga nilainya. Namun, masih banyak yang tidak tahu cara berinvestasi di logam mulia tersebut.

Investasi yang cukup bagus dilakukan adalah dengan membeli logam mulia emas. Ini mengingat harga emas yang cenderung terapresiasi dan kenaikannya melebihi laju inflasi. Ini berarti, nilai emas tidak akan tergerus inflasi. Nilai emas juga tetap stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan ekonomi dunia.

Namun, banyak orang mungkin berpikir investasi emas hanya mungkin untuk para investor profesional kaya atau orang yang memiliki segunung uang. Padahal, investasi emas juga dapat menguntungkan orang kebanyakan dengan penghasilan rata-rata.

Salah satu penghambat orang untuk berinvestasi dan membeli emas, selama ini ternyata adalah ketidaktahuan cara berinvestasi di logam mulia tersebut. Inilah tiga cara mudah untuk berinvestasi emas:

1. Beli emas fisik

Membeli koin atau emas batangan adalah cara terbaik bagi pemula. Emas batangan, dengan ukuran beragam, mulai dari 5 gram hingga 1000 gram atau 1 kg, lebih terjamin nilainya dan stabil, dibanding emas dalam bentuk perhiasan.

Emas batangan bisa dibeli melalui outlet ANTAM atau Aneka Tambang, produsen terbesar emas batangan di Indonesia atau Pegadaian.

Namun, jika Anda baru mulai memahami investasi emas, hindari membeli koin emas langka. Meskipun sangat menarik, tetapi tidak adanya pengalaman mengidentifikasi berbagai jenis koin, maka peluang kehilangan uang cukup besar.

Pastikan juga untuk menghindari situs lelang internet seperti Ebay untuk pembelian emas, karena di tempat seperti ini, sangat mudah jadi korban penipuan. Membeli emas fisik sangat disarankan untuk memiliki tempat yang aman untuk menyimpannya. SDB (Safe Deposit Box) atau Pegadaian masih merupakan pilihan yang pas.

2. Beli reksa dana atau emas berjangka

Membeli reksa dana emas adalah pilihan terbaik bagi mereka yang ingin membeli emas dengan cara aman, tapi tidak tertarik menjaga emas fisik. Tanyakan ahli keuangan Anda untuk beberapa reksa dana emas.

Pilihan lain bagi mereka yang tertarik pada emas, tapi tidak yakin dengan prospek kepemilikan fisik atau penyimpanan adalah dengan membeli emas berjangka. Investasi ini pada dasarnya membeli kontrak untuk membeli sejumlah tertentu emas, pada periode tertentu.

Bagi pemula, pilihan ini mungkin tidak sebagus reksa dana, tetapi jika Anda bersedia mengambil risiko spekulatif, investasi ini bisa jadi menarik.

3. Membeli saham pertambangan emas

Pembelian saham tambang emas ini mirip dengan membeli reksa dana emas atau berjangka. Anda tidak benar-benar membeli emas fisik dan tidak perlu khawatir dengan masalah penyimpanan. Pembelian saham di perusahaan tambang emas, juga sama dengan membeli saham di perusahaan publik lainnya.

Anda akan diuntungkan dengan kenaikan harga saham dan adanya pembagian dividen. Namun, hal ini bisa sulit bagi pemula yang belum pernah masuk pasar saham, karena harga saham dapat sangat bervariasi sepanjang perdagangan.

Harga emas telah meningkat lebih dari 7 kali selama 10 tahun terakhir. US$500 yang dihabiskan untuk emas pada 2000, bernilai hampir US$ 4000 hari ini. Jika harga emas terus meningkat pada laju yang sama di masa depan, sudah pasti investasi pada emas merupakan ide yang brilian!

 

Sumber : inilah.com

Posted on April 16, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: