HM Sampoerna Bagi Dividen Rp 7,670 Triliun

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk (HMSP) memutuskan pembagian dividen sebesar Rp 7,670 triliun atau Rp 1.750 per lembar saham.

“Dividen sebesar itu yang termasuk dividen interim yang telah dibagikan kepada pemegang saham perseroan sejumlah Rp 876,6 miliar atau Rp 200,00 per saham pada 23 Desember 2011,” kata Presiden Direktur HMSP John Gledhill dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Dengan demikian, lanjut dia, sisa dividen Tahun Buku 2011 sebesar Rp 6,793 triliun atau Rp 1.550,00 per saham yang akan dibagikan kepada pemegang saham perseroan sebagai dividen tunai dengan waktu pembagian yang ditentukan oleh Direksi Perseroan.

Salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia itu mencatatkan penjualan bersih (tidak termasuk cukai) sepanjang tahun sebesar Rp 31,96 triliun dan laba bersih Rp 8,06 triliun atau Rp 1.840 per lembar saham.

John Gledhill mengatakan, volume penjualan Sampoerna pada 2011 meningkat 16,4 persen menjadi 91,7 miliar batang dan melampaui pertumbuhan industri rokok di Indonesia.

“Kami gembira mengakhiri tahun 2011 dengan peningkatan kinerja yang kokoh pada sektor penjualan bersih, laba bersih, dan volume penjualan,” katanya.

Ia menambahkan, walaupun perusahaan menghadapi iklim persaingan yang ketat, HMSP mencatat kenaikan pangsa pasar sebesar 2,1 poin persentase menjadi 31,1 persen.

“Peningkatan pangsa pasar ini mencerminkan konsumen dewasa di Indonesia sangat menyukai produk-produk kami,” kata dia seperti dikutip Antara.

Seiring dengan kinerja yang cemerlang itu, kata dia, biaya cukai Sampoerna juga tercatat mencapai Rp 19,7 triliun pada 2011, yang setara dengan 1,7 persen pendapatan negara tahun 2011 yang mencapai Rp 1.170 triliun.

“Kontribusi signifikan perusahaan bagi pendapatan cukai negara, serta usaha kami yang menyerap tenaga kerja lebih dari 87 ribu penduduk Indonesia yang sebagian besar industri padat karya merupakan katalis yang kokoh bagi pembangungan ekonomi, khususnya di Jawa Timur,” katanya.

Sumber : INVESTOR DAILY

Posted on April 29, 2012, in Pasar Saham and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: