Kuartal I 2012, Penjualan Indofood Tembus Rp11,83 Triliun

Grup CBP memberikan kontribusi penjualan terbesar diikuti oleh Bogasari, Agribisnis dan Distribusi dengan kontribusi masing-masing 44 persen, 25 persen, 23 persen dan 8 persen

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) membukukan penjualan bersih konsolidasi sebesar Rp11,83 triliun di kuartal pertama 2012 atau naik 9,9 persen dari Rp10,76 triliun pada kuartal pertama 2011.

Pertumbuhan perusahaan dikontribusikan oleh kelompok usaha strategis, yaitu produk konsumen bermerek (CBP), Bogasari, Agribisnis dan Distribusi. “Grup CBP memberikan kontribusi penjualan terbesar diikuti oleh Bogasari, Agribisnis dan Distribusi dengan kontribusi masing-masing 44 persen, 25 persen, 23 persen dan 8 persen terhadap penjualan bersih konsolidasi,” papar Direktur Utama dan CEO Indofood Anthoni Salim, seperti dikutip dalam keterangan tertulis, hari ini.

Grup CBP mencatatkan pertumbuhan total nilai penjualan sebesar 13,4 persen, yang didorong oleh pentingkatan volume penjualan dihampir seluruh divisi dalam grup, sementara Grup Bogasari meningkat 5,9 persen terutama didorong oleh naiknya penjualan dan Grup Agribisnis bertumbuh sebesar 10,2 persen, terutama didorong oleh kenaikan volume penjualan produk minyak goreng dan lemak nabati.

Disisi lain, Grup Distribusi juga mencatatkan peningkatan total nilai penjualan sebesar 8,1 persen antara lain ditopang oleh pertumbuhan penjualan Grup CBP.

Sedangkan laba bruto perusahaan menurun menjadi Rp3,27 triliun di kuartal pertama 2012 dari sebelumnya Rp3,32 triliun, yang disebabkan oleh turunnya kinerja Grup Agribisnis sebagai akibat turunnya sebagai akibat turunnya harga CPO dan karet.

Marjin laba bruto juga turun 320 basis point menjadi 27,7 persen, meskipun laba usaha tumbuh sebesar 0,4 persen menjadi Rp1,78 triliun berbanding Rp1,77 triliun, karena turunnya beban operasional, dan marjin laba usaha turun menjadi 15 persen dari 16,5 persen.

Sedangkan laba periode berjalan yang dapat didistribusikan kepada pemilik entitas induk naik 10,8 persen menjadi Rp815 miliar dari Rp735,6 miliar karena turunnya beban pajak penghasilan, dan keuntungan inti meningkat 10,9 persen menjadi Rp805,6 miliar dari Rp726,4 miliar pada periode yang sama ditahun sebelumnya.

Sumber : BERITASATU.COM

Posted on April 30, 2012, in Pasar Saham and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: