Emas Ditutup di Level Terendah 2012

Emas berjangka turun US$ 35 per ons Rabu (9/5/2012) dinihari tadi ke level penutupan terendah sejak 2012. Hal ini dipicu penguatan dolar AS, di tengah berlanjutnya kekhawatiran tentang pergolakan politik Eropa.

Emas untuk pengiriman Juni turun US$ 34,60, atau 2,1% ke level US$ 1.604,50 per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange, setelah sempat merosot ke level US$ 1.595,50. Penutupan ini merupakan yang terendah untuk kontrak teraktif sejak 3 Januari, hari pertama perdagangan tahun ini.

Sementara itu, indeks dolar ICE diperdagangkan pada level 79,728, turun dari level 79,958. Namun, angka ini sebenarnya naik dari level 79,611 pada akhir perdagangan Senin di Amerika Utara.

“Volatilitas dolar mungkin terlihat sebagai bagian dari kerja keras euro,” kata Adrian Ash, kepala penelitian di BullionVault, “Tapi dampaknya pada saham, komoditas dan logam mulia sangat besar sekarang. Ada ketakutan yang lebih besar dari keserakahan terhadap semua kelas aset. ”

Dolar terus meningkat sejak kemarin, karena investor mencari aset yang dianggap kurang berisiko, setelah pemilihan akhir pekan di sebagian Eropa. Pemilihan tersebut mengakibatkan kekalahan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dan mengantarkan kemenangan pesaingnya Francois Hollande yang beraliran sosialis.

Sementara di Yunani, pemilihan parlemen mengakibatkan kekalahan besar bagi partai-partai utama, yang sedang berjuang untuk membentuk mayoritas.

Penguatan dolar menekan komoditas yang berdenominasi dolar, karena membuat mereka lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Logam lain menyusul koreksi emas. Perak untuk pengiriman Juli melemah 66 sen atau 2,2%, menjadi US$ 29,46 per ons, penutupan pertama di bawah US$ 30 untuk kontrak perak teraktif sejak Januari.

Platina Juli ditutup turun US$ 21,80, atau 1,4%, ke level US$ 1.508,30 per ons. Paladium Juni turun US$ 24,95 atau 3,9%, menjadi US$ 622,85 per ons. Tembaga Juli turun 10 sen atau 2,5%, menjadi US$ 3,68 per pon.

 

Sumber : inilah.com

Posted on May 9, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: