Soros: Hanya Tersisa Tiga Bulan Untuk Selesaikan Krisis Eropa

Investor global George Soros mengingatkan para pemimpin Eropa bahwa mereka hanya memiliki waktu tersisa selama tiga bulan untuk menyelamatkan zona euro. Menurut dia, para pemimpin Eropa tidak paham masalah yang dihadapi sehingga hanya fokus pada jumlah utang yang menggunung.

Seperti diberitakan myfinances.co.uk, Senin (4/6), Soros mengaku yakin bahwa rakyat Yunani akan memilih sebuah pemerintah yang akan mamatuhi program penghematan (pro bailout) pada pemilu 17 Juni mendatang. Namun, menurut dia, kesepakatan Yunani dan Eropa butuh waktu beberapa pekan sebab ia melihat pelemahan ekonomi Jerman yang membuat pemerintahan Kanselir Angela Merkel sulit menyediakan dukungan lebih lanjut bagi Yunani.

Saat berbicara pada sebuah konferensi di Italia, Soros menyatakan bahwa para pemimpin Eropa tidak memahami masalah yang dihadapi sehingga memberi “obat” yang salah.

Dijelaskannya, para pemimpin Eropa selama ini selalu fokus pada level utang ketika krisis justru dikarenakan bermasalahnya perbankan dan menurunnya daya saing. Karena fokus pada tingkat penghematan dan penurunan utang, pertumbuhan ekonomi negara-negara Eropa makin melambat. Padahal, laju pertumbuhan adalah satu-satunya cara untuk menemukan solusi realistis dari masalah yang membelenggu Eropa saat ini.

“Anda tidak bisa mengurangi jumlah utang dengan menyusutkan ekonomi, hanya dengan pertumbuhan ada jalan keluar dari itu (krisis),” tegas Soros. “Pertumbuhan sangat vital demi meningkatkan pajak yang nantinya untuk membayar utang.”

Terkait Yunani, Soros menyatakan keyakinan bahwa rakyat Yunani cukup khawatir dengan prospek negaranya terusir dari Zona Euro, sehingga partai yang pro-bailout akan unggul pada pemilu mendatang.

Namun, kata Soros mengingatkan, selesainya krisis politik di Yunani hanya langkah awal dari solusi. Karena Jerman juga dalam masalah ekonomi yang menyulitkan Berlin di bawah Merkel untuk melanjutkan dukungan bagi penyelesaian krisis di zona selatan Eropa.

“Krisis ini cenderung mencapai klimaks pada musim gugur mendatang. Pada saat itu, perekonomian Jerman juga akan melemah, sehingga Kanselir Merkel akan merasa lebih sulit untuk membujuk publik Jerman untuk menerima tanggung jawab beban Eropa,” paparnya. “Itulah yang menciptakan (batas waktu) tiga bulan (bagi pemimpin Eropa untuk segera menyelesaikan krisis).”

 

Sumber : ipotnews.com

Posted on June 4, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: