Ketika Emas Menanti The Fed

Fokus dunia kini tertuju pada hasil pertemuan The Federal Reserve, terutama mengenai keputusan negara besar itu atas kebijakan moneternya. Tak terkecuali dengan emas.

Head of Research and Analysis PT Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra mengatakan, perhatian pelaku pasar saat ini berpusat pada potensi penerbitan kebijakan stimulus oleh bank sentral AS (The Fed), “Pelemahan dolar AS terjadi sepanjang hari kemarin akibat sentimen ini,” ujarnya.

Menurutnya, bila stimulus dilakukan sesuai ekspektasi pasar, maka harga emas akan terdongkrak naik pada perdagangan Kamis (21/6) dan mencoba menembus resisten 1.633 dolar AS per troy ons. “Namun bila tidak, hal sebaliknya mungkin akan terjadi, yakni koreksi dalam menuju level 1.580 dolar AS,” katanya.

Dini hari tadi, harga emas untuk pengiriman Agustus berakhir melemah US$ 3.80 atau 0,2% menjadi US$ 1.623,20 per ons, setelah meragu sepanjang sesi.

Namun, spot emas sedikit berubah pada US$ 1.620,55 per ons pukul 12:24 pm di Singapura. Holdings di SPDR Gold Trust, produk bursa terbesar yang diperdagangkan dalam emas, tidak berubah di level satu bulan tertinggi di 1.281,62 metrik ton kemarin.

Emas naik pada Rabu, didorong ekspektasi Federal Reserve AS dapat berbuat lebih banyak untuk mendorong perekonomian terbesar dunia, sebuah langkah yang akan meningkatkan daya tarik emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

“Emas saat ini berada di harga US$ 1.620, US$ 1.630 per ons dan semua orang menunggu untuk melihat apa komentar Federal Reserve, “kata James Cordier, manajer portofolio di Optionsellers.com, Florida.

Emas pun berpotensi rebound, setelah turun pertama kalinya dalam delapan sesi, dipicu spekulasi bahwa Federal Reserve AS berpotensi mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian di tengah tanda-tanda goyahnya pertumbuhan dan kenaikan permintaan untuk aset aman.

Federal Reserve memulai pertemuan kebijakan dua hari sejak Selasa (19/6/2012) kemarin, dan memicu harapan bahwa bank sentral akan mengungkap langkah-langkah pelonggaran lebih lanjut. Ketua Fed Ben Bernanke dijadwalkan akan mengadakan konferensi pers pada akhir pertemuan, Rabu waktu setempat.

Bank sentral akan meninjau perkiraan ekonomi baru, setelah pertemuan dua hari ini, dan mungkin mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk memacu pertumbuhan, setelah data terakhir di pasar perumahan dan tenaga kerja AS di bawah prediksi.

Huang Fulong, analis di CITICS Futures Co, unit broker terbesar yang terdaftar di China mengatakan, investor saat ini hati-hati mengantisipasi hasil The Fed yang mengecewakan, “Emas di atas US$ 1.600 telah memfaktorkan sentimen dan berpotensi luluh lantak, jika stimulus tidak teralisasi.”

Nick Trevethan, senior strategist logam di ANZ Singapura menuturkan, tampaknya Bernanke akan berbicara tentang kesiapan The Fed untuk bertindak,”Dan jika diperlukan, adanya kebijakan kelanjutan dari Operation Twist,” katanya.

Namun, lanjutnya, siapa pun mempersiapkan skenario bila risiko skema QE mengecewakan. Jika Fed memberi keputusan yang membuat pasar nyaman, emas mungkin akan menuju US$ 1.650. “Sisi negatifnya, saya pikir, adalah emas akan menuju US$ 1.592 dan kemudian US$ 1.530, jika investor benar-benar kecewa.”

Harga emas meningkat hampir dua kali lipat setelah The Fed membeli US$ 2,3 triliun utang dalam dua putaran pelonggaran kuantitatif dari Desember 2008 sampai Juni 2011. Putaran pembelian aset oleh The Fed untuk menurunkan suku bunga dan merangsang ekonomi, telah menekan dolar AS, mendorong pasar saham global dan mendorong investor beralih ke emas.

 

Sumber : inilah.com

Posted on June 20, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: