Rilis Data AS, Emas Ditutup di Level Terendah

Emas berjangka berakhir melemah pada Rabu (15/8/2012) dini hari tadi, setelah data AS menunjukkan kenaikan penjualan ritel dan inflasi yang belum cukup untuk memberikan dorongan pada logam.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun US$ 10,20 atau 0,6%, ke level US$ 1.602,40 per ons di divisi Comex New York Mercantile Exchange, harga terendah dalam lebih dari sepekan.

Stephen Platt, analis Archer Financial Service di Chicago mengatakan, pasar emas berada di bawah tekanan jual setelah menguat sebelumnya, “Ada penurunan yang berlanjut, terutama karena dolar AS telah menunjukkan stabilitasnya,” tambahnya.

Emas naik tiga hari berturut-turut pada perdagangan sebelumnya, di tengah volume rendah, kurang bagusnya data ekonomi makro, dan kerugian pada saham serta komoditas.

Kementrian Perdagangan melaporkan peningkatan 0,8% dalam penjualan ritel untuk Juli, kenaikan terbesar dalam penjualan sejak Februari dan mengalahkan ekspektasi bahwa analis.

Harga grosir AS juga meningkat pada Juli, naik 3% pada biaya makanan yang lebih tinggi. Peningkatan inflasi level grosir sedikit di atas perkiraan. “Namun, banyak yang melihat kondisi harga stabil secara keseluruhan, sehingga emas tidak mendapatkan dorongan dari kekhawatiran inflasi,” Platt menambahkan.

Dolar yang menguat menambah tekanan pada emas. Indeks dolar ICE naik menjadi 82,478 dari 82,404 di akhir sesi Amerika Utara sebelumnya.

Perak ditutup melemah kurang dari 1 sen ke US$ 27,76 per ons, tembaga untuk pengiriman September naik 1 sen atau 0,2%, ke level US$ 3,36 per pon. Platinum Oktober naik US$ 6,30, atau 0,5%, menjadi US$ 1.399,10 per ons. Paladium juga menguat, dengan kontrak September naik US$ 3,70 atau 0,6%, ke level US$ 578,40 per ons.

Posted on August 15, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: