Menkeu: Redenominasi Mata Uang Dalam Proses Harmonisasi

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan rencana pemerintah untuk melakukan redenominasi mata uang rupiah masih dalam proses harmonisasi dan perumusan peraturan perundang-undangan.

“Kami rencananya redenominasi mata uang itu akan diselesaikan RUU-nya, kemudian kami perlu ada diskusi publik,” ujarnya seusai menghadiri upacara Hari Oeang di Jakarta, Selasa.

Menkeu mengatakan masyarakat memerlukan informasi yang jelas terkait rencana tersebut karena redenominasi dilakukan bukan untuk memotong nilai mata uang, melainkan hanya menyederhanakan nilai nominal rupiah.

“Redenominasi mata uang itu betul-betul hanya sesuatu penyederhanaan dan tidak ada tujuan untuk memotong uang. Hal ini yang mesti kita sosialisasikan,” katanya.

Dengan demikian, Menkeu mengharapkan apabila pemerintah mengajukan RUU redenominasi mata uang tersebut, tidak ada menimbulkan kesalahpahaman yang melahirkan resistensi dari masyarakat.

“Nanti kita bicarakan secara terbuka, sehingga kalau RUU ini diajukan tidak ada kesalahpahaman,” ujarnya.

Menkeu mengatakan redenominasi ini akan membuat nilai mata uang rupiah semakin berharga dan disejajarkan dengan mata uang negara lain, apalagi nilai nominal rupiah saat ini termasuk salah satu yang terbesar di dunia.

“Urgensinya kita melihat itu sebagai satu negara yang maju, kami memerlukan itu. Tapi yang paling utama masyarakat jangan sampai salah mengira dan kemudian malah ada kekhawatiran,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan realisasi kebijakan tersebut akan segera terlaksana dan saat ini strategi untuk mewujudkan redenominasi sedang dilakukan.

“Kami sudah siapkan semua naskah akademisnya termasuk strateginya. Semua masih berjalan karena prosesnya panjang,” ujarnya.

 

Sumber : antaranews.com

Posted on October 30, 2012, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: