Bank Milik Mochtar Riady Melantai di Bursa Pada Mei 2013

PT Bank National Nobu berencana melakukan pencatatan saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) pada bulan Mei 2013. Manajemen Bursa Efek Indoneisa (BEI) menyatakan, Bank Nobu tersebut akan melepas sekitar 40 persen dari total sahamnya.

“Perseroan sudah menyerahkan buku laporan keuangan per Oktober 2012 sehingga diperkirakan IPO bisa dilakukan pada pertengahan tahun ini,” kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Hoesen, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (7/1/2013).

Hoesen mengatakan, nantinya dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan untuk ekspansi kredit. Saat ini, kata dia, modal inti perseroan baru mencapai Rp 1 triliun. Namun, perseroan berharap untuk bisa menambah modal inti sebelum melantai di bursa. Dia juga mengatakan, perseroan telah menunjuk PT Ciptadana sebagai penjamin emisi. “Penjamin emisi bisa saja bertambah,” ujarnya.

Sekadar informasi, Bank Nobu merupakan satu dari 30 target IPO BEI tahun ini. Hoesen menyebutkan, bulan ini saja ada empat calon emiten yang akan melantai di bursa, yaitu PT Saraswati Griya Lestari, PT Sarana Mediatama Metro, PT Pelayaran Bina Buana Raya, dan PT Multi Agro Gemilang. Calon emiten pertama yang rencananya akan melantai adalah PT Pelayaran Bina Buana Raya dengan melepas 600 juta lembar saham.

Nobu National Bank (Bank National Nobu) atau Bank Nobu diambil Lippo melalui PT Kharisma Buana Nusantara (KBN) milik Mochtar Riady yang memiliki 60% saham Bank Nobu, dan 40% sisanya akan menjadi milik Yantony.

Sebagai informasi, Bank National Nobu dahulu bernama PT Bank Alfindo Sejahtera. Pada 12 November 2010 bank tersebut menjelma menjadi PT Bank National Nobu.

Pada tahun 2007, bank tersebut berada pada urutan terakhir yang memenuhi batas permodalan sebesar Rp 80 miliar sesuai ketentuan Bank Indonesia (BI).

Bank umum non devisa tersebut, per Juli 2010 memiliki portofolio kredit sebesar Rp 1,13 miliar. Sebagian besar dananya berupa modal ditempatkan pada surat berharga sekitar Rp 101,86 miliar.

Dana Pihak Ketiga (DPK) bank tersebut tercatat sebesar Rp 24 miliar dengan ekuitas Rp 85 miliar.

Berkantor pusat di Jalan KH Moch. Mansyur No. 34 Jakarta Barat, Bank National Nobu sebelumnya dimiliki oleh PT Gunawan Sejahtera yang merupakan pemilik air mineral Ades, Alfi Gunawan merupakan pendiri dari Gunawan Sejahtera.

Namun, untuk memenuhi tenggat waktu ketentuan permodalan minimum bank umum sebesar Rp 100 miliar sampai Desember 2010. Alfi Gunawan harus merelakan bank miliknya tersebut untuk diakuisisi. Pasalnya, para pemegang saham tidak mempunyai likuiditas untuk menambah modalnya.

Akhirnya, PT Kharisma Buana Nusantara yang merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Mochtar Riady seorang pengusaha Indonesia terkemuka yang merupakan pendiri dan presiden komisaris dari Grup Lippo diberikan izin untuk masuk bank tersebut.

Mochtar Riady menyuntik dana sebesar Rp 60 miliar sekaligus mengambil posisi pemegang saham mayoritas di bank yang hanya mempunyai satu kantor tersebut di Jakarta.

Mochtar Riady sebenarnya merupakan ‘pemain lama’ di perbankan karena sudah berkecimpung sejak tahun 1954 ketika menduduki posisi Direktur di Bank Kemakmuran.

Pada tahun 1989 Mochtar menduduki jabatan tertinggi di Bank Perniagaan dan mempunyai ide untuk melakukan merger dengan Bank Umum Asia. Dari merger tersebut lahirlah Bank Lippo dimana merupakan cikal bakal dari Lippo Grup.

Sampai pada tahun 1999, Mochtar Riady terpaksa harus melepaskan kepemilikan saham mayoritas di Bank Lippo kepada pemerintah terkait dengan rekapitulasi aset bank bermasalah. Namun, dirinya masih menjabat sebagai komisaris utama.

Pada akhirnya, dalam RUPS PT Bank Lippo Tbk pada tahun 2005 Mochtar Riady resmi mengundurkan dari jabatan komisaris utama. Selama lima tahun vakum di industri perbankan akhirnya Mochtar Riady kembali menggeluti bisnis perbankan melalui Nobu Bank.

Sumber : detikfinance.com

Posted on January 8, 2013, in Pasar Saham. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: