Emas pun Meluncur $90 per Ounce

Emas berjangka jatuh lebih dari US$ 90 pada Senin(15/4/2013), melanjutkan penurunan, setelah pekan lalu memasuki wilayah bearish.

Emas untuk pengiriman Juni anjlok US$ 90,20, atau 6%, menjadi US$ 1.411 per ounce. Emas pekan lalu turun 4,7%. Koreksi ini melanjutkan penurunan emas pada Jumat, ketika turun US$ 63,50, atau 4,1%, menjadi US$ 1.501,40 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga penutupan Jumat menandai koreksi 20,5% untuk kontrak paling aktif dari penutupan rekor US$ 1,888.70 per ounce yang dicapai pada 22 Agustus 2011.

Trader dan analis mengutip berbagai alasan untuk penurunan harga emas.

Sentimen negatif muncul akibat pemangkasan terbaru untuk perkiraan harga logam mulia. Selain arus keluar dari produk emas yang diperdagangkan di bursa.Goldman Sachs menurunkan perkiraan rata-rata harga emas untuk 2013 hingga US$ 1.545 per ounce, level yang sudah ditembus pekan lalu.

Stan Shamu, ahli strategi pasar di IGMarkets, Melbourne, mengatakan, setiap trader yang mengantisipasi fluktuasi jangka pendek dalam emas hari ini akan terjebak, karena harga emas telah menembus level terendah Jumat di US$1.481

“Penurunan hanya berhenti di US$ 1.426, yang merupakan zona resistensi pada Desember 2010 dan Maret 2011,” ujarnya dalam sebuah catatan kepada investor.

Shamu mengatakan turunnya harga emas sebagian besar merujuk pada potensi penjualan bank sentral untuk menopang jatuhnya fiskal.

Ia menunjuk aksi Presiden ECB Mario Draghi yang menekan Siprus untuk menjual kelebihan cadangan emasnya, demi membantu mendanai bailout dan menyumpal kesenjangan senilai 6 miliar euro.

“Meskipun Siprus belum memutuskan bagaimana akan mendanai kesenjangan, komentar ini telah mengguncang investor dan menyebabkan aksi jual. ”

Shamu menambahkan, hal ini juga memicu rusaknya korelasi antara emas atauquantitative easing, dimana ketika data ekonomi AS yang buruk memicu ekspektasi QE berkepanjangan dan pada gilirannya menekan dolar AS dan menaikkan harga emas.Penurunan ini secara resmi menempatkan emas di area bearish.

Sumber : inilah.com

Posted on April 15, 2013, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: