Penurunan Emas Bisa Bertahun-Tahun

Harga emas berpotensi menurun hingga beberapa tahun ke depan selama pasar keuangan global mengalami krisis likuiditas.

Kepala ekonom RDN Associates, Roger Knightingale pelemahan harga emas tidak hanya berlangsung hingga kuartal terakhir tahun ini. “Saya pikir akan selama beberapa tahun atau beberapa dekade,” katanya seperti mengutip cnbc.com, Senin (24/6/2013).

Knightingale mengakui harga emas dapat menguat lagi dengan suntikan dana beberapa bank sentral di Eropa dan China. Namun pembelian emas berada di daftar paling bawah untuk pilihan investasi. “Dengan melihat perekomian dunia dalam kesulitan sehingga bukan waktunya untuk (investasi) komoditas,” tambahnya.

Harga emas pada Senin (24/6/2013) pagi di Eropa melanjutkan pelemahan. Pemicunya juga karena kemungkinan Federal Reserve AS memangkas stimulus moneter senilai US$85 miliar per bulan di akhir tahun ini.

Spot emas sempat turun 0,7 persen menjadi US$1,282,20 per troy ons. Pekan lalu emas berada di level US$1.268,89 sebagai level terendah sejak September 2011. Pelemahan ini mengulang aksi jual pada April lalu saat pasar ketakutan dengan potensi bank sentral menjual cadangan emas mereka. Emas telah melemah 30 persen sejak menyentuh level tertinggi di US$1.900 per troy ons pada September 2011.

Dengan rontoknya harga emas tersebut telah memicu aksi beli emas fisik di Asia. Investor mencari barang murah setelah tertekan cukup dalam. Namun saat ini investor di Asia dalam posisi out of the money.

Apalagi beberapa bank telah memangkas perkiraan harga emas untuk beberapa bulan terakhir. Pekan lalu, UBS memangkas harga emas tahun ini sebesar 10 persen. Sedangkan Goldman memotong proyeksi harga tahun ini menjadi US$1.300 dari US$1.435 per troy ons.

Sumber : inilah.com

Posted on June 25, 2013, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: