Pemerintahan AS Ditutup, Bagaimana Nasib Investor Saham?

Pemerintahan Amerika Serikat (AS) baru saja ditutup memasuki Selasa 1 Oktober 2013 dini hari tadi gara-gara anggarannya tidak disepakati kongres. Akibatnya, banyak kantor pemerintahan dan fasilitas umum yang tutup.

Tapi lain halnya dengan pasar saham Wall Street. Perdagangan saham akan terus berlanjut meski Securities & Exchange Commission (SEC) diminta berhenti menyetop sebagian operasinya.

Wasit pasar modal AS itu diminta untuk menghentikan seluruh registrasi baru terkait pasar modal, seperti initial public offering (IPO), rights issue dan sebagainya. Nah, pada saat seperti ini bagaimana sebaiknya sikap investor, keluar atau masuk?

Menurut Eric Stein, Direktur Global Income Group dari Eaton Vance di Boston, saat shutdown seperti ini cocok untuk menjaring saham-saham yang sudah murah. Pasalnya, menjelang penutupan pemerintahan AS sudah banyak saham-saham yang anjlok cukup dalam.

Atau setidaknya investor lebih baik diam saja dan bertahan di saham, jangan tergesa-gesa mencairkan dana dan pegang uang tunai, karena nilai tukar dolar diprediksi akan melemah terhadap beberapa mata uang dunia.

“Akan ada pergerakan yang fluktuatif dalam jangka pendek… tapi pasar makin lama makin bisa bertahan atas omong kosong dari Washington,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (1/10/2013).

Menurutnya, AS sudah mengalami shutdown 17 kali sejak 1976. Ditutupnya pemerintahan itu sempat berada di bawah pimpinan Presiden Gerald R. Ford, Jimmy Carter, Ronald Reagan, Bill Clinton dan lainnya.

Jika melihat sejarah, saham-saham memang awalnya berjatuhan tapi setelah itu naik sekitar satu bulan setelah ditutupnya pemerintahan. Apalagi setelah anggaran disetujui dan pemerintah AS bisa beroperasi normal, saham-saham langsung meroket karena banyak investor ingin kembali masuk.

“Semua aksi jual jangka pendek itu sebenarnya jadi kesempatan untuk beli saham di harga diskon,” katanya.

Sumber : detik.com

Posted on October 1, 2013, in Ekonomi Dan Investasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: