Harga Batubara Terancam Amblas

Harga minyak bakal turun jika perundingan nulir Iran dengan Uni Eropa (UE) berjalan mulus. Harga batubara pun diperkirakan bakal babak belur.

Ini sebuah anomali. Di saat belahan bumi utara memasuki musim dingin, harga minyak justru terancam longsor. Di Nymex, harga minyak mentah (crude oil) untuk pengiriman Januari 2014 turun 1,18% menjadi US$ 93,72 per barel. Penurunan itu tak lepas dari kesepakatan awal antara Iran dengan enam negara terkait program nuklir.

Pada kesepakatan awal ini Uni Eropa memang belum mencabut embargo atas minyak Iran. Namun para pelaku pasar berspekulasi, pada akhirnya UE akan mencabut larangan ekspor minyak bagi Iran. Pencabutan ini akan memaksa para produsen minyak di Timur Tengah, seperti Arab Saudi, menurunkan harga jual minyaknya.

Sebagai net importir minyak, Indonesia sebenarnya cukup diuntungkan oleh penurunan harga minyak itu. Tapi ingat, penurunan harga minyak juga berpotensi mengerek harga batu bara kembali ke bawah. Sekadar informasi, harga acuan batubara acuan (HBA) tercatat US$ 78,13 per ton, naik dari bulan sebelumnya yang mencapai US$ 76,60 per ton.

Semula, para produsen begitu optimis harga batubara akan menembus US$ 80 di akhir 2013. Keyakinan ini didorong oleh meningkatnya permintaan dari Jepang, India, dan Taiwan. “Pembatasan penggunaan kalori rendah di China juga ikut mendorong kenaikan harga batubara,” ujar Joko Pramono, Sekretaris Perusahaan PT Bukit Asam.

Namun, keyakinan para produsen batubara kini terancam sirna seandainya pada perundingan berikutnya UE mencabut embargo ekspor minyak Iran. “Kini tergantung terhadap UE, apakah akan mencabut embargo atau tidak? Jika dicabut, harga minyak pasti turun,” ujar Rick Spooner, Kepala Analis CMC Marjets, seperti dikutip Bloomberg.

Sumber : INILAH.COM

Posted on November 26, 2013, in Ekonomi Dan Investasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: