Dalam Lima Tahun, Utang Pemerintah Membengkak Jadi Rp2.371 Triliun

Dalam waktu lima tahun terakhir, utang pemerintah tercatat mengalami lonjakan lebih dari dua kali lipat menjadi Rp2371,39 triliun. Meski begitu, pemerintah mengaku jumlah utang tersebut masih dalam batas relatif aman.

Dalam keterangan tertulis Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Yudi Pramadi, yang diedarkan di Jakarta, Kamis (23/1) malam, disebutkan bahwa realisasi defisit anggaran pada 2010 sebesar 0,73 persen, setahun berikutnya 1,14 persen, dan pada 2012 sebesar 1,86 persen dari produk domestik bruto (PDB). Sedangkan realisasi sementara defisit APBN 2013 adalah 2,24 persen, dan turun menjadi 1,7 persen di 2014.

Tingkat defisit ini dinilai masih rendah, bahkan lembaga pemeringkat internasional seperti Ficth Ratings masih mempertahankan level peringkat utang dengan outlook minimal “stable”, di tengah banyaknya negara yang mengalami downgrade.

Begitu juga dengan Moody`s yang menilai bahwa fiskal pemerintah masih cukup sejalan dengan beban utang yang rendah dan defisit yang tetap terjaga.

Di sisi outstanding, utang pemerintah mengalami kenaikan dari Rp1.590,66 triliun pada akhir 2009, menjadi Rp2.371,39 triliun pada akhir 2013. Disebutkan, kenaikan outstanding utang ini disebabkan realisasi kebutuhan pembiayaan APBN maupun sebagai dampak melemahnya kurs rupiah, mengingat sebagian besar utang pemerintah dalam bentuk mata uang asing.

Dijelaskan Kementerian Keuangan, rasio utang pemerintah sudah mengacu pada standar Maastrich Treaty, yakni batas maksimal defisit APBN tiga persen dan total oustanding maksimal 60 persen dari PDB yang diperbolehkan oleh UU APBN. Sehingga hal ini dinilai dapat menjaga utang pemerintah dalam batas yang masih dapat dikelola dengan baik dan menjamin keberlanjutan fiskal.

Sumber : ipotnews.com

Posted on January 24, 2014, in Ekonomi Dan Investasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: