PTBA Sebar Dividen Tunai Rp 1 Triliun

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp 1 triliun atau Rp 461,97 per saham di 2013. Jumlah dividen tunai yang dibagikan itu merupakan 55 persen dari Laba Bersih Perseroan Tahun Buku 2013 sebesar Rp 1,83 triliun.

Berdasarkan siaran pers perseroan yang disampaikan ke BUMN, Minggu (30/3/2014), perolehan Laba Bersih Tahun Buku 2013 sebesar Rp 1,83 triliun itu merupakan konstribusi dari penjualan batubara sebesar 17,76 ton, yang terdiri dari 9,59 juta ton atau 54 persen berupa Penjualan Eskpor dan 8,17 juta ton berupa Penjualan Domestik, dengan total Pendapatan Usaha sebesar Rp 11,21 triliun.

Volume Penjualan tahun 2013 itu, sebesar 15,09 juta ton merupakan produksi PTBA dari Unit Pertambangan Tanjung Enim beserta anak perusahaan PT Internasional Prima Coal (IPC) di Kalimantan Timur dan 2,73 juta ton berupa Pembelian batubara dari pihak ketiga oleh anak perusahaan, PT Bukit Asam Prima (BAP) dan PT IPC.

Meskipun terjadi penurunan harga batubara yang sangat siginifikan selama tahun 2013, PTBA berhasil menempati posisi sebagai produsen batubara dengan Net Provit Margin tertinggi dari seluruh emiten batubara nasional, yaitu sebesar 15,6 persen.

Prestasi ini berhasil diraih PTBA dengan mengambil langkah-langkah strategis di bidang operasional, di antaranya mempriortaskan penjualan batubara kalori tinggi yang banyak diminati pasar ekspor, meminimalkan pemakaian peralatan tambang yang menggunakan BBM dan mengoptimalkan penggunaan peralatan tambang yang menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan oleh pembangkit milik sendiri.

Sementara itu, untuk tahun 2014 Perseroan menargetkan volume Penjualan batubara sebesar 24,72 juta ton atau 37 persen lebih tinggi dibandingkan realisasi Penjualan tahun 2013.

Untuk mendukung target Penjualan tersebut, Perseroan bersama anak perusahaan PT IPC menetapkan target Produksinya sebesar 19,80 juta ton, serta Pembelian batubara dari pihak ketiga oleh anak perusahaan PT BAP sebesar 3,98 juta ton.

Sumber : detik.com

Posted on March 31, 2014, in Pasar Saham and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: