Pemulihan Ekonomi Eropa Telah Kehilangan Momentum: Mario Draghi

Kepala Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi, membela program stimulus baru yang ia luncurkan, dengan mengingatkan bahwa pemulihan ekonomi Zona Euro “kehilangan momentum”. Selain menawarkan pinjaman murah dan jangka panjang, ECB juga akan membeli saham berbasis aset mulai Oktober mendatang.

Di depan parlemen Eropa, Senin (22/9), Draghi menyatakan bahwa belum ada tanda-tanda terhentinya penurunan indikator ekonomi pada Agustus. Ke-18 negara yang menggunakan euro belum menunjukkan pertumbuhan sama sekali pada kuartal kedua tahun ini, yang ia nilai sebagai peringatan setelah hanya empat kuartal mengalami pertumbuhan yang lemah.

“Pemulihan ekonomi di kawasan euro kehilangan momentum,” ujar Draghi dalam testimoni rutin di depan Komite Ekonomi dan Moneter Parlemen Eropa. Menurut dia, ekonomi berisiko terus mengalami penurunan.

Seperti diketahui, pemulihan perekonomian Zona Euro sangat lambat setelah dilanda krisis utang pada 2009 yang membawa sejumlah anggotanya menjalani program bailout dari Eropa dan IMF. Pengeluaran pemerintah yang terus dipangkas makin memperparah pemulihan dan pengangguran tinggi.

Draghi menilai, pemulihan juga terancam oleh ketegangan geopolitik, terutama konflik Rusia dan Ukraina, serta kegagalan pemerintah di kawasan mereformasi dan mengefisienkan ekonomi.

Karenanya, Draghi membela program stimulus – dengan menawarkan pinjaman murah dan jangka panjang ke perbankan. Namun, perbankan hanya menyerap 82,6 miliar euro pada penawaran pertama 18 September, kurang dari perkiraan banyak analis.

ECB juga menyiapkan program stimulus lain, dengan rencana pembelian obligasi berbasis pinjaman bank kepada perusahaan dan rumah tangga, dengan tujuan mengalirkan kredit.

Pihak bank sentral sebelumnya mengatakan bahwa pembelian obligasi – dikenal dengan saham berbasis aset – akan menstimulus pasar untuk membeli obligasi sejenis. Pasalnya, pasar untuk obligasi itu turun drastis setelah terjadi masalah rumit dan obligasi tersebut telah memicu krisis di Amerika Serikat.

Draghi menambahkan, pembelian tersebut akan dimulai Oktober. Namun ECB akan membatasi risiko dengan hanya membeli obligasi yang sederhana dn berperingkas bagus. Pembelian obligasi berperingkat bawah hanya jika pemerintah di negara anggota euro menjamin pembayarannya.

Sumber : ipotnews.com

http://cara-buat-website.com

Posted on September 23, 2014, in Ekonomi Dan Investasi and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: