Berdebar menanti kabar dari Inggris

Hari ini, masyarakat Inggris akan menentukan masa depannya. Inggris menggelar referendum menentukan status keanggotaan di Uni Eropa: tetap bergabung atau memilih hengkang dari blok ini alias British Exit (Brexit).

Jajak pendapat terakhir menunjukkan posisi imbang antara suara yang ingin keluar maupun bertahan di Uni Eropa. Beberapa poling mengunggulkan Inggris tetap masuk Uni Eropa dengan selisih tipis.

Yang jelas, sebagian besar pelaku pasar mengkhawatirkan Inggris keluar dari Uni Eropa karena bisa menekan ekonomi dunia. Itu sebabnya, para ekonom, lembaga ekonomi internasional  dan pemimpin dunia menentang Brexit.

Prediksi Dana Moneter Internasional (IMF), Brexit ibarat penghilangan nutrisi ekonomi dunia. Brexit bakal membawa ekonomi Inggris ke jurang resesi.

Proyeksi IMF, ekonomi Inggris akan merosot hingga 5,5% sampai 2019. “Kondisi perdagangan dan investasi global akan terpuruk karena ada ketidakpastian politik dunia,” tulis IMF seperti dilansir The Guardian, kemarin.

Sebagai negara berekonomi kelima terbesar dunia, Inggris  bakal kehilangan pertumbuhan ekonomi 0,5% di tahun ini. Jika keluar dari Uni Eropa, Inggris harus melakukan negosiasi ulang dengan 27 negara anggota lain di kawasan ini.

Sebagai catatan, selama ini sekitar 45% total ekspor Inggris mengalir ke Uni Eropa. Inggris juga tercatat menguasai 4,3% perdagangan dunia. Sedangkan, Uni Eropa 15,4%.

Imbas buruk lain, keluarnya Inggris akan memicu aksi sama dari negara lain.  Andai ini terjadi, stabilitas single market Eropa yang terbentuk sejak 1993 bakal goyah.

Ketidakpastian geopolitik bakal tertuju pada pemilihan umum di Spanyol yang digelar tahun ini dan pemilu di Prancis dan Jerman tahun 2017.

Bagi Indonesia, efeknya memang tidak terasa langsung. Namun transmisi dampak Brexit  terhadap Indonesia bisa melalui ekonomi Asia dan sejumlah mitra dagang Indonesia yang juga menjadi mitra dagang Inggris.

Misalnya, menurut Capital Economics, Brexit bakal memangkas produk domestik bruto (PDB) Asia sebesar 0,2%. Saat ini, ekspor negara Asia ke pasar Inggris berkontribusi 0,7% terhadap PDB Asia. “Brexit berdampak besar ke Kamboja, Vietnam dan Hong Kong sebagai mitra dagang yang cukup besar dengan Inggris. Efeknya ke China sedikit,” ujar Daniel Martin, ekonom Capital Economics seperti dikutip Bloomberg.

Daniel menghitung, ekspor Hong Kong ke Inggris menyumbang 2,3% terhadap PDB. Sementara ekspor China ke Inggris menopang 0,5% terhadap PDB China.

Selain mengikis pertumbuhan ekonomi dunia, pasar finansial diramal bakal terjun bebas. Di pasar mata uang, George Soros memprediksi poundsterling bakal anjlok 20% terhadap dollar AS.

Sepekan terakhir, indeks saham London telah terjatuh hampir 6%. Tapi, andai Inggris memilih tetap di dalam Uni Eropa, semua ramalan tadi sekadar mimpi buruk.

 

Beberapa Proyeksi Buruk Jika Inggris Memilih Brexit

1.  Sekitar 45% ekspor Inggris ditujukan ke Uni Eropa (UE). Bila keluar dari UE, maka Inggris akan mengalami hambatan tarif dan non tarif. Ekspor negara-negara UE ke Inggris hanya sebesar 6,6%.

2.  Menurut Open Europe, dalam skenario terburuk Brexit, PDB Inggris tahun 2030 akan 2,2% lebih rendah ketimbang tetap bergabung di UE.  Sedangkan dalam skenario terbaik, PDB Inggris pada tahun 2030 akan bertambah sebesar 1,55% bila memilih tetap menjadi anggota UE.

3. Goldman Sachs memperkirakan poundsterling akan merosot 20% ke level 1,15 atau 1,20 terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

4. Nomura Bank memperkirakan Brexit bisa mendorong Inggris masuk resesi ekonomi.

5. UBS  Bank memperkirakan Inggris akan kehilangan 0,6%-2,8% PDB.

6. Citibank memproyeksikan, Inggris bisa kehilangan 75.000 lapangan kerja jika keluar dari UE.

Sumber : kontan.co.id

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id/

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-pembukuan.html

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/program-persediaan-otomatis.html

Posted on June 23, 2016, in Ekonomi Dan Investasi and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: