Mencatat Transaksi Bisa Langsung Print Surat Jalan, Invoice PLUS Melihat Laporan Transaksi Dan Stok Barang

Dalam era dinamis yang berkembang pesat saat ini, kita harus pandai memanfaatkan teknologi informasi sehingga mempunyai waktu luang untuk menganalisa usaha yang kita jalankan.

Memanfaatkan Excel untuk mencatat transaksi harian, maka dengan bantuan rumus tertentu kita bisa langsung mencetak Surat Jalan sekaligus Invoice, selain itu juga kita secara live bisa melihat Laporan Transaksi dan Stok Barang.

Mari kita mulai praktek Excel dengan membuat sheet DB (database) berisikan jenis produk dan nama toko dengan harga yang berbeda-beda bagi setiap toko.

excel dabatase

 

Kemudian kita juga mengisi database toko yang berisi nama, alamat, kota beserta diskon yang juga berbeda-beda bagi setiap toko.

excel toko

 

Setelah itu kita mulai mencatat transaksi harian misal pembelian, penjualan, retur dsb. Terlihat pada contoh dibawah kita melakukan transaksi penjualan ke Toko A dan B.

Disebelah kanan kita melihat tombol Auto Gudang yang berfungsi untuk langsung melakukan pencatatan transaksi pengiriman dari gudang, sebagai contoh tanggal 10 Januari mengirim Baju Anak 5 sebanyak 20 pcs dari Gudang ke Toko B.

Ini dilakukan secara otomatis hanya dengan klik “Auto Gudang” dan langsung tampil seperti yang tertera pada warna kuning. Mudah bukan ?

excel gudang

 

Secara live juga kita bisa langsung melihat history dari toko A pada setiap bulannya, untuk transaksi di bulan Januari terlihat total penjualan Baju Anak 1 sebanyak 25 pcs dan Baju Anak 3 sebanyak 10 pcs.

excel stok

 

Bila kita ingin mencetak Surat Jalan juga bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan klik tombol Auto Send, maka data yang tercatat di sheet transaksi berdasarkan tanggal dan nama toko akan langsung terlihat dan bisa langsung print Surat Jalan.

excel surat jalan

 

Untuk penagihan ke toko juga dilakukan secara otomatis hanya dengan klik “Auto Filter” maka Invoice berdasarkan tanggal dan nama toko dapat langsung dicetak.

Kita tidak perlu mengisi produk, harga dan jumlah karena semuanya terisi secara otomatis termasuk diskon sebesar 30% khusus untuk toko A, selanjutnya angka terbilang juga otomatis muncul sehingga bisa langsung cetak Invoice.

excel invoice

 

Sebagai pamungkas maka kita perlu laporan dengan filter tanggal, toko, barang, rentang dan jenis transaksi. Filter ini dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan kita dan dengan klik “Auto Report” maka akan langsung tampil laporan yang kita perlukan.

Tidak lupa pengurutan berdasarkan tanggal dan jumlah yang juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan hanya dengan klik “Sort T&T”.

excel laporan

 

Excel sangat membantu usaha kita bukan? Silakan hubungi WA 081 5600 1568 untuk penjelasan penggunaan Excel ini lebih lanjut, selain itu Anda juga dapat memanfaatkan jasa pembukuan sehingga sebagai owner / pemilik  dibantu dalam jurnal transaksi dan bisa mendapatkan laporan lengkap mulai dari Laba Rugi, Neraca, Arus Kas, Hutang, Piutang, Persediaan bahkan hingga analisa keuangan.

 

Sumber : http://jasapembukuan.id

http://belajar-cara-membuat-website.blogspot.co.id

http://ide-peluang-bisnis.blogspot.co.id/p/jasa-kpi.html

 

Advertisements

Posted on September 22, 2018, in Ekonomi Dan Investasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: